Wednesday 13 August 2014

Peralatan pertanian

Peralatan Pertanian

Cangkul

Cangkul atau penggali merupakan alat tradisional yang digunakan untuk pertanian. Walaupun kini sudah terdapat pelbagai jenis jentera bajak moden namun penggunaan cangkul masih lagi diperlukan bagi setengah-setengah kerja di kebun atau di sawah. Cangkul kebiasaannya digunakan untuk merata, menggembur dan memecahkan tanah.
Cangkul mempunyai pelbagai jenis bentuk pemegang atau hulu yang diperbuat daripada kayu. Ada hulu berbentuk lurus dan ada juga yang berbentuk bengkok. Matanya pula diperbuat daripada besi. Terdapat pelbagai jenis cangkul yang dikenali sebagai cangkul betul (lurus) dan cangkul burung yang lebih dikenali sebagai alabangka. Cangkul lurus digunakan untuk menggali lubang yang sempit seperti turus pagar atau untuk menanam tiang. Cangkul burung pula digunakan untuk memecahkan tanah yang keras atau merejang batu.
Petani di kampung lazimnya menggunakan cangkul bagi menggemburkan tanah sebelum bercucuk tanam. Tanaman yang diusahakan seperti ubi, keledek, keladi, sayur-sayuran, tebu dan sebagainya.


                                                        

Bajak 
Bajak merupakan alat tradisional yang digunakan bagi kegiatan pertanian untuk tujuan penggemburan tanah. Bajak diperbuat daripada besi dan mempunyai gigi-gigi seperti sikat dan digunakan secara manual serta tidak disambungkan kepada jentera moden untuk membolehkan ianya berfungsi. Ia juga berfungsi dengan bantuan binatang peliharaan seperti kerbau dan lembu dan ini boleh membantu mempercepatkan proses pembajakan tanah.Fungsi utama bajak ini juga adalah untuk melakukan kerja-kerja penimbusan bahan-bahan yang tidak diperlukan oleh tumbuhan seperti rumput-rampai, akar dan sebagainya ke dalam tanah , menyediakan ruang udara di dalam tanah untuk tanaman dan mengawal rumput-rampai daripada tumbuh. Kebiasaannya bajak selalu digunakan dikawasan sawah bagi proses penanaman padi.
kampak garan pipa
 Arit atau sabit adalah satu alat bantu pertanian sejenis pisau berbentuk melengkung yang digunakan untuk memotong berbagai jenis tumbuhan, rumput-rumputan, padi, jagung bahkan alat ini biasa digunakan untuk memotong kayu. Bagian dalam dari lengkungan berbentuk tajam, bentuk lengkung ini memudahkan dalam proses memotong dengan cara mengiris bagian bawah tanaman yang dipotong dengan cara mengayunkan seperti gerakan memarang dengan satu tangan, atau ketika untuk mengumpulkan rumput atau memanen tanaman padi tangan yang lain biasanya memegang pokok tanaman yang akan di tebas. Alat pertanian arit ini terbuat dari besi baja sehingga tidak akan peyok saat digunakan. Pada bagian pegangan arit atau sabit ini terbuat dari kayu yang disebut garan. Dengan di pasangnya garan ini akan memudahkan dalam penggunaannya sekaligus lebih enak untuk dibawa.

Macam-macam Arit
Arit mempunyai banyak macam, antara lain yaitu arit bendo, arit canteng, arit babatan, dan masih banyak lagi macam-macam arit.

                        ARIT PANGARITAN                              ARIT BABATAN



kampak pipa
Kampak Pipa merupakan alat yang dapat digunakan untuk memilah kayu. Kampak jenis ini mempunyai fungsi yang sama seperti jenis kampak biasa. Perbedaan yang mencolok dari Kampak Pipa dengan Kampak Biasa yaitu pada garan yang digunakan. Kampak Pipa menggunakan garan dari besi pipa yang langsung terintegrasi menjadi satu dengan inti kampak. Berbeda dengan kampak biasa yang menggunakan garan kayu yang terpisah dari inti kampaknya. Nama Kampak Pipa itu sendiri diambil dari nama kampak itu sendiri ditambahkan dengan pipa yang digunakan sebagai garannya. Sehingga untuk memudahkan penamaannya maka kampak jenis ini diberi nama Kampak Pipa. Kampak pipa terbuat dari besi baja asli dan menggunakan garan dari besi pipa seperti dijelaskan tadi. Sehingga kualitas dari kampak ini tentunya terjamin. Untuk lebih jelasnya mengenai alat kampak pipa bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


 




kampak pipa

Kampak Pipa




kampak pipa
 Kampak Pipa 
Garan

garan alat pertanian
Garan adalah alat tambahan yang digunakan pada alat pertanian seperti gathul, arit, pacul dll. Fungsinya yaitu sebagai pegangan alat-alat pertanian tersebut dan agar mudah untuk dipakai dan agar alat-alat pertanian tadi mudah untuk dibawa tentunya. Garan ini terbuat dari kayu jati dan mahoni yang di garap dengan menggunakan mesin bubut agar menjadi bentuk yang sesuai dengan pegangan tangan dan agar kayu menjadi halus. Diperlukan kreatifitas khusus dalam membuat garan ini karena dalam pembuatannya hanya bermodalkan mesin bubut dan pahat. Di bagian atas dari garan ini biasanya terdapat pipa besi atau sering disebut dengan karah. Fungsi dari karah ini adalah agar garan ini tidak pecah saat di pasangkan dengan alat-alat pertanian tadi. Sehingga garan ini nantinya bisa awet untuk digunakan.

garan arit bendo

Gambar : Garan Arit Bendo


garan arit
: Garan Arit


garan gathul pertanian
 Garan Gathul


garan palu
: Garan Palu
 

1 comment:

  1. The gambling sector is facing serious - DrMCD
    A total of 7,200 gaming machines have been 경기도 출장안마 stolen, 동두천 출장마사지 and the majority are owned or operated by Caesars Entertainment, Nov 23, 부천 출장샵 2020 경산 출장안마 · Uploaded by MGM 경상남도 출장마사지 Resorts

    ReplyDelete